Salah satu tim dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto berhasil lolos dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tim terseebut terdiri dari Sheren Liana Saputri (Teknik Kimia), Fentri Azzahra (Pendidikan Matematika), Nikiyyan (Teknik Elektro), Eko Priyono (Teknik Kimia) dan Yoga Setyo Hananto (Teknik Elektro) dengan dosen pendamping yaitu Ibu Neni Damajanti, S.T., M.T. dari Program Studi Teknik Kimia. Tim tersebut mengusulkan PKM-PM (Pengabdian Masyarakat) dengan judul “Penerapan Biopori sebagai Bentuk Tindakan Preventiv Krisis Air pada Musim Kemarau di Desa Kebondalem Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara”.

Desa Kebondalem merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang kerap mengalami kekeringan setiap tahunnya. Oleh karena itu, tim pelaksana mengajukan upaya untuk mencegah bencana kekeringan di Desa Kebondalem. Upaya tersebut yaitu dengan melakukan pembuatan lubang resapan biopori. Kebetulan, lokasi anggota tim pelaksana yaitu Fentri Azzahra dan Sheren Liana Saputri satu kecamatan dengan lokasi mitra, sehingga dapat memudahkan koordinasi dan pelaksanaan kegiatan PKM-PM tersebut.

Tim pelaksana berhasil meraih dana sebesar Rp 8.500.000,- yang didanai oleh Dikti dan akan dialokasikan untuk kegiatan yang akan berjalan. Dalam menjalankan kegiatan PKM-PM tersebut, tim pelaksana bekerjasama dengan mitra yaitu Karang Taruna Dirga Dharmabakti Kebondalem.

Pelaksanaan kegiatan PKM-PM dimulai dengan sosialisasi kegiatan dengan penanggung jawab Fentri Azzahra. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring pada tanggal 17 Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan dan pembuatan lubang resapan biopori yang dipimpin oleh Fentri Azzahra. Tim Pelaksana mencontohkan terlebih dahulu cara membuat lubang resapan biopori, kemudian diikuti oleh mitra yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juni 2021.

Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan telah dihasilkan sebanyak 100 lubang biopori Dengan adanya penerapan lubang resapan biopori, tim pelaksana berharap upaya tersebut dapat mengatasi kekeringan yang melanda Desa Kebondalem. Dan Desa Kebondalem dapat menjadi desa percontohan biopori bagi wilayah lain yang juga mengalami kekeringan.

Leave a Comment