Menjadi salah satu alumni Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bukan berarti hanya bisa bekerja menjadi guru. Tri Zuliaturrochmah adalah salah satu contoh alumni Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMP yang dapat berkiprah menjadi selain guru. Angkatan masuknya adalah tahun 2010, pengalamannya lolos pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat nasional menjadi salah satu kenangan yang berkesan semasa kuliah.

Saat diwawancarai pada Senin, 20 Desember 2021, beliau bercerita tentang salah satu kenangannya selama kuliah. “Saat mata kuliah Bahasa Inggris dengan dosen Bu Dias, saya harus menempuh jarak yang cukup jauh dari Rawalo ke Purwokerto. Akhirnya saya telat dan tidak boleh mengikutinya. Sedih si waktu itu”, kenangnya. Baginya, kuliah di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMP memberikan pengalaman yang unik. “Masing-masing dosen memiliki cara sendiri untuk memberikan mata kuliah. Ada Pak Jazuli yang di mata kuliahnya ada hafalan surat pada juz 30 Al Quran, Bu Erni yang menjelaskan berulang kali hingga mahasiswanya paham, Bu Eka yang menjelaskan materi kuliah denga sabar, rapi, dan detail.”, lanjutnya.

Setelah lulus kuliah, beliau menyampaikan bahwa beliau sempat mengajar di SMK Miftahul Huda Pesawahan Rawalo dari tahun 2015 sampai dengan 2016, di SD Putra Harapan Purwokerto tahun 2017 dari bulan April sampai dengan November. Kemudian, beliau perlu resign pada saat itu karena program kehamilan yang dijalaninya yang mengharuskan beliau bedrest.

Dari awal saat mengajar, beliau juga berwirausaha di usaha penerbitan, khususnya buku, dengan nama SIP Publishing yang kantornya beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Purwokerto. SIP Publishing didirikan pada tahun 2014 bersama calon suaminya sebelum mereka menikah. Pembuatan penerbitan itu berawal dari kegemaran menulis buku dari sang suami.

Perkembangan usaha penerbitannya melesat dari yang awalnya hanya sebagai pekerjaan sampingan tetapi sekarang sudah menjadi fokus pekerjaan yang dijalani oleh beliau, dengan omset pendapatan usaha penerbitan yang sudah menjanjikan. Dalam satu bulan, usahanya sudah stabil memperoleh profit sampai sebesar bilangan 8 digit . Masa awal dibentuknya SIP Publishing, beliau hanya memiliki karyawan paruh waktu, berbeda dengan saat ini yang sudah memiliki total 9 karyawan tetap dan 15 karyawan paruh waktu. Selain itu, SIP Publishing juga memiliki event management di daerah-daerah di Indonesia seperti Makasar, Jakarta, Propinsi Jawa Barat, Jogjakarta, dan Jawa Timur. Beliau mengatakan bahwa banyaknya judul buku yang telah diterbitkan per hari ini adalah sudah mencapai 1129 judul. Jika ada yang ingin menerbitkan buku melalui SIP Publishing, silahkan hubungi nomor admin dan alamat SIP Publishing berikut ini.

SIP Publishing Jalan Perintis Kemerdekaan Purwokerto Jawa Tengah
HP. +62 857-1288-7824

(Diliput dan ditulis oleh Itman Arif Hariri dan Anton Jaelani, 20211223)

Leave a Comment